Warning: file_put_contents(): Only 0 of 117 bytes written, possibly out of free disk space in /home1/kmibfib/public_html/wp-content/plugins/accesspress-custom-css/accesspress-custom-css.php on line 165

Jl. Sosio-Humaniora, Bulaksumur, Yogyakarta 55281

+62 822-2009-2016 kmib.fib@ugm.ac.id

Tentang Kami

KELUARGA MUSLIM ILMU BUDAYA (KMIB)

Dan Janganlah engkau menuruti apa-apa yang engkau tidak memiliki ilmu tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan dimintai pertanggungjawaban.”

(QS. Al Israa’:36)

“Sebaik-baiknya manusia adalah mampu bermanfaat bagi orang lain.”

(H.R Bukhari)

Keluarga Muslim Ilmu Budaya (KMIB) adalah Badan Semi Otonom (BSO) yang bergerak dalam bidang dakwah dan unit kerohanian Islam di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada. Sebagai lembaga dakwah di Fakultas Ilmu Budaya, KMIB memiliki kegiatan­-kegiatan yang berusaha mengakomodisasi kegiatan keislaman untuk Mahasiswa dan Civitas Akademik FIB UGM bekerjasama degan Takmir Musholla Al Adab serta berharmoni dengan seluruh elemen untuk keberlangsungan dakwah di FIB UGM. Badan ini bergerak dengan  bimbingan Bapak Dr. Amir Ma’ruf, M.Hum., (Dosen Sastra Arab), dan Bapak Agoes Erwin Sulaiman (staff SDM UGM), baik berupa bimbingan dan dukungan moril maupun materil. Kinerja KMIB juga tidak luput dari  alumni KMIB serta seluruh pihak yang ikut andil dalam keberlangsungan dakwah di FIB UGM ini.

KMIB berdiri pada tanggal 6 September 1986, bertepatan dengan 1 Muharram 1407 H. Pada mulanya, KMIB ini diberi nama KMIS (Keluarga Mahasiswa Islam Sastra). Kemudian, KMIS berganti nama menjadi SKIS (Seksi Kerohanian Islam Sastra) pada 21 Januari 1989, Rabiul Akhir 1409 H, namun kembali dengan nama KMIS pada tahun 1996, 1416 H sampai 2001. Karena Fakultas Sastra berganti nama menjadi Fakultas Ilmu Budaya pada tahun 2001 /1422 H, maka nama KMIS pun berganti nama menjadi KMIB (Keluarga Muslim Ilmu Budaya) hingga sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *