Warning: file_put_contents(): Only 0 of 117 bytes written, possibly out of free disk space in /home1/kmibfib/public_html/wp-content/plugins/accesspress-custom-css/accesspress-custom-css.php on line 165

Jl. Sosio-Humaniora, Bulaksumur, Yogyakarta 55281

+62 822-2009-2016 kmib.fib@ugm.ac.id

Biro dan Divisi

Dalam melaksanakan programprogram kerjanya, KMIB memiliki 1 biro dan 6 divisi yang membantu kinerja KMIB 1438 H, antara lain sebagai berikut.

a. Biro Khusus Kaderisasi (BKK)

Biro ini berfokus kerja pada pengoptimalan rekruitmen kader, menjalankan alur kaderisasi dan mengupayakan tercapainya standar mutu kader yang religius, intelek dan berbudaya dengan berasaskan nilai-nilai islami. Program andalan yang dijalankan oleh Biro Khusus Kaderisasi adalah Soft Skill Camp (SSC) 1, 2, dan 3 yang diadakan setiap tahun dan Rihlah atau Forga untuk mempererat ukhuwah antar anggota KMIB.

b. Syiar

Bidang ini memiliki dua divisi, yaitu Kajian Keilmuan dan Pelayanan Umat. Melalui bidang ini diharapkan syiar keislaman terhadap Mahasiswa dan Civitas Akademik FIB UGM dapat tersampaikan dengan baik. Dari divisi Kajian Keilmuan memfasilitasi kajian-kajian dan diskusi keislaman, Tahsinul Qur’an serta buku-buku Islam yang ada di perpustakaan Al Adab (berada di dalam Musholla). Kajian keilmuan ini sering dilaksanakan setiap hari Rabu dan dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan Takmir Musholla Al Adab. Nama kegiatannya yaitu, Majelis Ta’lim Rebonan (MTR).

Untuk divisi Pelayanan Umat kegiatannya meliputi bersih bersih Musholla Al Adab setiap pagi dan mempersiapkan sholat Jumat. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan jamaah Musholla Al Adab. Serta kegiatan sosial yang merupakan kegiatan unggulan bidang Syiar sekaligus menjadi unggulan KMIB, yaitu pelaksanaan RDD (Ramadhan Di Desa) RDF (Ramadhan Di Fakultas) dan RAIHAN (Raingkaian Hari Raya Idul Qurban) setiap tahunnya. Selain itu juga ada pelaksanaan Donor darah yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali.

c. Media dan Komunikasi (Medkom)

Merupakan bidang yang mengelola media-media sosial sebagai sarana publikasi lembaga dan informasi lembaga serta mengangkat atau membahas isu-isu dan nila-nilai islam. Adapun kegiatan besarnya seperti pembuatan mading, pelatihan desain, pembuatan kalender, dan pembuatan posting di media sosial setiap harinya.

d. Humas dan Jaringan (Humjar)

Bidang ini mempunyai dua divisi yaitu Internal dan Eksternal. Dengan adanya bidang ini diharapkan jaringan dan hubungan KMIB dapat berjalan dengan baik di internal kampus maupun eksternal kampus. Adapun kegiatan besarnya antara lain bekerjasama dengan PKPU dalam pengisian tabung sosial, kunjungan-kunjungan ke LDF atau LDK lain, dan ILDKB (Ikatan Lembaga Dakwah Kampus Berbasis Budaya) Nasional.

e. Keputrian

Bidang khusus yang mengakomodasi kepentingan muslimah (mahasiswa muslim putri) di FIB. Kegiatan besarnya antara lain Muslimah Cerdas, Muslimah Sehat, Muslimah Produktif, dan Senyum Muslimah.

f. Sosial Masyarakat (Sosmas)

Bidang khusus yang mengakomodasi kepentingan sosial dan kemasyarakatan dalam wujud menjadikan KMIB sebagai lembaga yang peka terhadap isu sosial. Kegiatan besarnya antara lain Tanggap Bencana, FIB Mengajar, dan Bakti Sosial.

g. Cendekiawan Muslim Ilmu Budaya (CMIB)

Bidang khusus yang menyediakan sarana berupa diskusi untuk meningkatkan intelektualitas yang bersemayam dalam individu setiap orang di FIB. Kegiatan besarnya antara lain Diskusi CMIB dan Penelitian yang dilakukan beberapa kali dalam setahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *